Presenter BBC memulai siaran dan menyelidiki ‘pelanggaran aturan ketidakberpihakan’ setelah menertawakan berita Boris Johnson

Presenter BBC memulai siaran dan menyelidiki ‘pelanggaran aturan ketidakberpihakan’ setelah menertawakan berita Boris Johnson

Presenter BBC Martine Croxall tidak lagi mengudara beberapa jam setelah dia memicu kemarahan setelah tampak menertawakan lelucon tentang Boris Johnson.

Ms Croxall sedang mempresentasikan The Papers tadi malam ketika dia menertawakan kata-kata kasar tentang mantan perdana menteri yang melarang dirinya dalam pemilihan kepemimpinan Tory.

2

Martine Croxall dikecam secara online karena diduga melanggar aturan ketidakberpihakan BBCKredit: BBC

Dia mengakui melalui tawanya bahwa dia “mungkin melanggar aturan ketidakberpihakan yang buruk”.

Pembawa acara membuka acara dengan bertanya, “Bolehkah saya begitu ceria? Ya, benar!”

Kemudian di program itu dia tertawa sementara jurnalis Tony Grew mr. Johnson mengejek, dan jurnalis kawakan itu menyela untuk meminta maaf atas tawanya dan mengatakan bahwa dia “mungkin” melanggar peraturan.

Pembawa acara tersebut kini telah dihentikan siarannya setelah kemungkinan terjadi pelanggaran terhadap ketidakberpihakan, menurut laporan kantor berita PA.

Acara tersebut ditayangkan hanya beberapa menit setelah mantan walikota London mengumumkan bahwa dia tidak akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua.

Menteri Kesehatan Neil O’Brien melontarkan komentar tersebut pada saat pemerintah sedang mempertimbangkan masa depan biaya izin jangka panjang.

Ia berkata: “BBC seharusnya menjadi salah satu benteng pertahanan agar tidak terjerumus ke dalam kubangan media baru ala Amerika – hal itu sangat merugikan diri mereka sendiri.”

Komentar Ms Croxall juga memicu kemarahan media sosialdengan pemirsa menyuarakan rasa frustrasi mereka atas pelanggaran terbaru terhadap peraturan imparsialitas ketat yang dianggap ketat oleh Beeb.

Satu Twitter pengguna menyebut komentar tersebut sebagai “aib”.

Yang lain berkata: “Satu lagi pegawai BBC yang bias.”

Pengguna ketiga yang marah menulis: “BBC dimaksudkan untuk tidak memihak setiap saat.

“Kita semua tahu Korporasi penuh dengan sayap kiri, tapi sekarang mereka bahkan tidak berusaha menyembunyikannya.”

Namun, beberapa orang berpendapat bahwa klip insiden yang beredar secara online salah menggambarkan Croxall dan di luar konteks.

Seorang pembela HAM menulis: “Martine Croxall jelas mengungkapkan kegembiraannya pada saat ‘berita hangat’ muncul dalam segmen yang semua orang tahu bersifat informal dan cerewet.

“Tidak bias bukan berarti ‘robot’.”

Yang lain berkata: “Membagikan klip berdurasi 7 detik di luar konteks tidak membuktikan maksud yang ingin Anda sampaikan.

“Tonton seluruh segmennya. Dia jelas-jelas bersemangat dengan berita yang bergerak cepat dan berita utama yang ditulis ulang.”

Hal ini terjadi setelah BBC menarik diri dari mempekerjakan presenter sayap kiri yang kontroversial menyusul perselisihan mengenai ketidakberpihakan pada awal tahun ini.

Matthew Stadlen (42) telah berbicara menentang Boris Johnson, Brexit, dan Partai Konservatif selama bertahun-tahun – menuduh mereka memihak kaum rasis.

Hanya beberapa jam setelah Stadlen men-tweet bahwa dia akan mengisi posisi presenter reguler Radio 5 Live, perusahaan tersebut mengkonfirmasi bahwa “rencana mereka telah berubah” dan dia tidak akan mengambil peran tersebut.

Seorang juru bicara BBC mengatakan: “BBC News segera meninjau The Papers di News Channel edisi tadi malam untuk mengetahui kemungkinan pelanggaran ketidakberpihakan.

“Penting bagi kami untuk mempertahankan standar editorial tertinggi. Kami memiliki proses untuk mempertahankan standar kami, dan proses ini telah diaktifkan.”

Pembawa acara tertawa ketika seorang jurnalis mengejek mantan Perdana Menteri Boris Johnson

2

Pembawa acara tertawa ketika seorang jurnalis mengejek mantan Perdana Menteri Boris JohnsonKredit: AFP


login sbobet