Rishi Sunak mengatakan Inggris menghadapi ‘tantangan besar’ tetapi akan bekerja ‘hari demi hari’ dalam pidato pertama setelah memenangkan pemilihan PM

Rishi Sunak mengatakan Inggris menghadapi ‘tantangan besar’ tetapi akan bekerja ‘hari demi hari’ dalam pidato pertama setelah memenangkan pemilihan PM

RISHI Sunak telah berjanji untuk bekerja “hari demi hari” untuk mengatasi “tantangan besar” Inggris setelah diangkat menjadi Perdana Menteri Inggris ke-57 hari ini.

Sunak mendapat dukungan dari mayoritas anggota parlemen Konservatif, sehingga memungkinkan dia untuk mengklaim posisi nomor 10.

3

Rishi Sunak berdiri bersama anggota komite anggota parlemen backbench tahun 1922Kredit: PA
Rishi Sunak bergabung dengan pendukung anggota parlemen di luar markas kampanye Konservatif di London

3

Rishi Sunak bergabung dengan pendukung anggota parlemen di luar markas kampanye Konservatif di LondonKredit: Reuters
Rishi Sunak akan menjadi Perdana Menteri Inggris ke-57

3

Rishi Sunak akan menjadi Perdana Menteri Inggris ke-57Kredit: Reuters

Pada hari Diwali – festival cahaya Hindu – Sunak mengetahui bahwa dia akan menjadi Perdana Menteri Inggris pertama keturunan India.

Saat berbicara kepada anggota parlemen Partai Tory di parlemen setelah kemenangan bersejarahnya, pemimpin baru Partai Tory mengatakan: “Kita harus bersatu atau mati, dan memberikan hasil untuk negara kita.”

Dan dalam pernyataan kepada publik, yang disampaikan dari markas besar Partai Konservatif, Sunak mengatakan: “Inggris adalah negara yang hebat, namun tidak ada keraguan bahwa kita menghadapi tantangan ekonomi yang besar.

“Kita membutuhkan stabilitas dan persatuan saat ini, dan saya akan menjadikannya prioritas utama untuk menyatukan partai dan negara kita. Karena itulah satu-satunya cara kita mengatasi tantangan yang kita hadapi dan menciptakan masa depan yang lebih baik dan sejahtera bagi anak-anak kita dan negara kita. kami akan membangun, cucu-cucu kami.”

Dia menambahkan: “Saya berjanji akan melayani Anda dengan integritas dan kerendahan hati, dan saya akan bekerja hari demi hari untuk menyelamatkan rakyat Inggris.”

Ms Mordaunt keluar dari kompetisi pada menit-menit terakhir sore ini setelah gagal mendapatkan dukungan dari 100 rekannya.

Mantan rektor tersebut telah memimpin awal dalam persaingan kepemimpinan Tory, setelah kalah dalam pemilihan terakhir dari Liz Truss beberapa minggu yang lalu.

Beberapa jam setelah Truss mengumumkan pengunduran dirinya pada Kamis lalu, para anggota parlemen berbondong-bondong mendukung Sunak.

Namun peluangnya untuk pindah ke Downing Street sangat terhambat ketika Boris Johnson secara informal meluncurkan tawaran kembalinya yang spektakuler.

Bangkit terhadap dolar saat Rishi Sunak menjadi PM berikutnya
Apa yang terjadi dalam perlombaan PM hari ini?  Rishi maju ke depan setelah Boris terjatuh

Mantan perdana menteri tersebut meninggalkan liburan glamornya di Republik Dominika untuk terbang kembali ke London dan menggalang dukungan.

Kelas berat Tory terbagi menjadi dua kubu, dengan James Cleverly dan Priti Patel pergi ke Tim Boris, dan Grant Shapps dan Kemi Badenoch mengibarkan bendera untuk Rishi.

Selama akhir pekan, Mordaunt tertinggal dari keduanya, dengan hanya sekitar dua lusin anggota parlemen yang mendukung kampanyenya.

Pada hari Sabtu, Sunak dan Boris bertemu untuk melakukan pembicaraan damai hingga larut malam.

Namun diskusi tersebut gagal setelah tidak ada satupun kandidat yang setuju untuk minggir.

Hanya 24 jam kemudian pada hari Minggu malam, Tn. Johnson keluar dari perlombaan.

Mantan Perdana Menteri itu bersikeras bahwa dia memiliki jumlah suara yang diperlukan untuk memilih anggota Konservatif.

Tapi dia menyerah ketika anggota parlemen mengalahkan Sunak dengan selisih lebih dari dua banding satu.

Dalam sebuah pernyataan, mantan perdana menteri mengatakan: “Saya yakin saya berada di posisi yang tepat untuk memberikan kemenangan kepada Partai Konservatif pada tahun 2024 – dan malam ini saya dapat mengonfirmasi bahwa saya telah melewati rintangan yang sangat tinggi yaitu 102 nominasi, termasuk seorang pengusul dan yang kedua, dicopot.” , dan saya bisa memasukkan nominasi saya besok.

“Tetapi dalam beberapa hari terakhir saya sayangnya sampai pada kesimpulan bahwa hal ini bukanlah hal yang benar untuk dilakukan. Anda tidak dapat memerintah secara efektif kecuali Anda memiliki partai yang bersatu di parlemen.”

BoJo telah dipuji oleh beberapa orang di partainya karena mengambil kursi belakang atas nama persatuan Tory.

Ms Mordaunt melanjutkan hingga Senin dan di pagi hari timnya mengklaim dia hampir mencapai ambang batas 100.

Namun beberapa menit sebelum ketua komite backbench pada tahun 1922, Sir Graham Brady, membacakan hasilnya, Pemimpin DPR mengundurkan diri.

Dalam pernyataannya, ia berkata: “Partai kita adalah keanggotaan kita. Apakah kita adalah wakil terpilih, aktivis, penggalang dana atau pendukung, kita semua mempunyai kepentingan dalam menentukan siapa pemimpin kita.”

Meskipun jadwal kompetisi kepemimpinan sangat padat, jelas rekan-rekan merasa kita membutuhkan kepastian hari ini. Mereka mengambil keputusan ini dengan itikad baik dan demi kepentingan negara.

“Kita semua berutang kepada negara, satu sama lain, dan kepada Rishi untuk bersatu dan bekerja sama demi kesejahteraan bangsa.”

Sore ini, Sunak berbicara kepada anggota parlemen pada pertemuan pribadi komite tahun 1922, di mana ia menerima tiga tepuk tangan meriah.

Calon perdana menteri menyerukan persatuan saat ia berbicara kepada rekan-rekannya dan berjanji bahwa setiap sayap partai akan berada di kabinet barunya.

Dia juga mengesampingkan seruan pemilihan umum dini.

Ikon pop terlihat bersepeda di London 10 tahun setelah meninggalkan band besar
Pelanggan Sky TV akan menerima peningkatan gratis ke layanan streaming baru yang besar

Namun pesan utama Sunak kepada partainya yang terpecah adalah: “kita harus bersatu atau mati dan memberikan hasil untuk negara kita”.

Menanggapi penobatan Tuan Sunak, Perdana Menteri yang akan keluar, Ms. Truss berkata: “Selamat atas penunjukan pemimpin Partai Konservatif dan Perdana Menteri kita berikutnya. Anda mendapat dukungan penuh dari saya.”


Pengeluaran SGP